STANDAR
TENAGA LABORATORIUM
Nama
: Bs. Dita Fitri
Nim
: A1C317054
Kelas
: Reguler A
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN
PENDIDIKAN MATERMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JAMBI
2018
STANDAR TENAGA
LABORATORIUM
Menurut Permendiknas
N0. 26 Tahun 2008 Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah:
A.
Kualifikasi
1. Kepala
Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi kepala laboratorium
sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a. Jalur
Guru
1) Pendidikan
minimal sarjana (S1);
2) Berpengalaman
minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum;
3) Memiliki
sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau
lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
b. Jalur
laboran/teknisi
1) Pendidikan minimal
diploma tiga(D3);
2) Berpengalaman minimal
5 tahun sebagai laboran atauteknisi;
3) Memiliki sertifikat
kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain
yang ditetapkan oleh pemerintah.
2. Teknisi
Laboratorium Sekolah/Madrasah.
Kualifikasi teknisi laboratorium
sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a. Minimal lulusan
program diploma dua (D2) yang relevan dengan peralatan laboratorium, yang
diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan olehpemerintah;
b.
Memiliki
sertifikat teknisi laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau
lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
3. Laboratorium
Sekolah/Madrasah
Kualifikasi laboratorium
sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a. Minimal
lulusan program diploma satu (D1) yang relevan dengan jenis laboratorium, yang
diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah;
b. Memiliki sertifikat laboran
sekolah/madrasah dari perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah.
B. Kompetensi
1. Kompetensi Kepala Laboratorium
Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
|
|
||||
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|||
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|||
Kepribadian
|
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
||
|
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
||
|
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
||
|
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
||
|
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
||
|
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
||
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
||
|
|
|
|
kemandirian
|
||
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
||
|
|
|
|
percaya diri
|
||
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
||
|
|
|
|
kemampuan diri
|
||
|
|
|
|
|
||
|
1.2
|
Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
||
|
|
komitmen terhadap
|
|
|
||
|
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang
tinggi
|
|||
|
|
Tugas
|
|
|
||
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|||
|
|
|
|
terhadap tugas
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1.2.4
|
Tekun, teliti, dan
hati-hati
|
||
|
|
|
|
dalam melaksanakan
|
||
|
|
|
|
tugas
|
||
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
||
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
||
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
||
|
|
|
|
tugas profesinya
|
||
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
||
|
|
|
|
kualitas
|
||
|
|
|
|
|
||
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan
dan
|
||
Sosial
|
|
dalam pelaksanaan
|
|
kelemahan baik diri
|
||
|
|
Tugas
|
|
maupun stafnya
|
||
|
|
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
||
|
|
|
|
tentang pihak lain yang
|
||
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
||
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
||
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
||
|
|
|
|
efektif
|
||
|
|
|
|
|
||
|
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
||
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
||
|
|
Tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
||
|
|
|
|
efektif
|
||
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
||
|
|
|
|
peralatan teknologi
|
||
|
|
|
|
informasi dan
|
||
|
|
|
|
komunikasi (TIK)
|
||
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Menyusun rencana
|
|||
Manajerial
|
|
kegiatan dan
|
|
pengembangan
|
||
|
|
pengembangan
|
|
laboratorium
|
||
|
|
laboratorium
|
3.1.2
|
Merencanakan
|
||
|
|
sekolah/madrasah
|
|
pengelolaan
|
||
|
|
|
|
laboratorium
|
||
|
|
|
3.1.3
|
Mengembangkan sistem
|
||
|
|
|
|
administrasi
|
||
|
|
|
|
laboratorium
|
||
|
|
|
3.1.4
|
Menyusun prosedur
|
||
|
|
|
|
operasi standar (POS)
|
||
|
|
|
|
kerja laboratorium
|
||
|
|
|
|
|
||
|
3.2
|
Mengelola kegiatan
|
3.2.1
|
Mengkoordinasikan
|
||
|
|
laboratorium
|
|
kegiatan praktikum
|
||
|
|
sekolah/madrasah
|
|
dengan guru
|
||
|
|
|
3.2.2
|
Menyusun jadwal
|
||
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
3.2.3
|
Memantau pelaksanaan
|
||
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
3.2.4
|
Mengevaluasi
kegiatan
|
||
|
|
|
|
laboratorium
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
3.2.5
|
Menyusun laporan
|
||
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
||
|
|
|
|
|
||
|
3.3
|
Membagi tugas
|
3.3.1
|
Merumuskan rincian
|
||
|
|
teknisi dan laboran
|
|
tugas teknisi dan laboran
|
||
|
|
laboratorium
|
3.3.2
|
Menentukan jadwal
kerja
|
||
|
|
sekolah/ madrasah
|
|
teknisi dan laboran
|
||
|
|
|
3.3.3
|
Mensupervisi teknisi
dan
|
||
|
|
|
|
laboran
|
||
|
|
|
3.3.4
|
Membuat laporan
secara
|
||
|
|
|
|
periodik
|
||
|
|
|
|
|
||
|
3.4
|
Memantau sarana
|
3.4.1
|
Memantau kondisi dan
|
||
|
|
dan prasarana
|
|
keamanan bahan serta
|
||
|
|
laboratorium
|
|
alat laboratorium
|
||
|
|
sekolah/madrasah
|
3.4.2
|
Memantau kondisi dan
|
||
|
|
|
|
keamanan bangunan
|
||
|
|
|
|
laboratorium
|
||
|
|
3.4.3
|
Membuat laporan
|
|||
|
|
|
bulanan dan tahunan
|
|||
|
|
|
tentang kondisi dan
|
|||
|
|
|
pemanfaatan
|
|||
|
|
|
laboratorium
|
|||
|
|
|
|
|||
|
3.5 Mengevaluasi
|
3.5.1
|
Menilai kinerja
teknisi
|
|||
|
kinerja teknisi dan
|
|
dan laboran laboratorium
|
|||
|
laboran serta
|
3.5.2
|
Menilai hasil kerja
teknisi
|
|||
|
kegiatan
|
|
dan laboran
|
|||
|
laboratorium
|
|
|
|||
|
3.5.3
|
Menilai kegiatan
|
||||
|
sekolah/madrasah
|
|
laboratorium
|
|||
|
|
3.5.4
|
Mengevaluasi program
|
|||
|
|
|
laboratorium untuk
|
|||
|
|
|
perbaikan selanjutnya
|
|||
|
|
|
|
|||
4. Kompetensi
|
4.1 Menerapkan
|
4.1.1
|
Mengikuti
|
|||
Profesional
|
gagasan, teori, dan
|
|
perkembangan
|
|||
|
prinsip kegiatan
|
|
pemikiran tentang
|
|||
|
laboratorium
|
|
pemanfaatan kegiatan
|
|||
|
sekolah/madrasah
|
|
laboratorium sebagai
|
|||
|
|
|
wahana pendidikan
|
|||
|
|
4.1.2
|
Menerapkan hasil
|
|||
|
|
|
inovasi atau kajian
|
|||
|
|
|
laboratorium
|
|||
|
|
|
|
|||
|
4.2 Memanfaatkan
|
4.2.1
|
Menyusun
|
|||
|
laboratorium untuk
|
|
panduan/penuntun
|
|||
|
kepentingan
|
|
(manual)
praktikum
|
|||
|
pendidikan dan
|
4.2.2
|
Merancang kegiatan
|
|||
|
penelitian di
|
|
laboratorium untuk
|
|||
|
sekolah/madrasah
|
|
pendidikan dan
|
|||
|
|
|
penelitian
|
|||
|
|
4.2.3
|
Melaksanakan
kegiatan
|
|||
|
|
|
laboratorium untuk
|
|||
|
|
|
kepentingan pendidikan
|
|||
|
|
|
dan penelitian
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
4.2.4
|
Mempublikasikan karya
|
|||
|
|
|
tulis ilmiah hasil
|
|||
|
|
|
kajian/inovasi
|
|||
|
|
|
|
|||
|
4.3 Menjaga
kesehatan
|
4.3.1
|
Menetapkan ketentuan
|
|||
|
dan keselamatan
|
|
mengenai kesehatan
|
|||
|
kerja di
|
|
dan keselamatan kerja
|
|||
|
laboratorium
|
4.3.2
|
Menerapkan ketentuan
|
|||
|
sekolah/madrasah
|
|
mengenai kesehatan
|
|||
|
|
|
dan keselamatan kerja
|
|||
|
|
4.3.3
|
Menerapkan prosedur
|
|||
|
|
|
penanganan bahan
|
|||
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|||
|
|
4.3.4
|
Memantau bahan
|
|||
|
|
|
berbahaya dan beracun,
|
|||
|
|
|
serta peralatan
|
|||
|
|
|
keselamatan kerja
|
|||
2. Kompetensi
Teknisi Laboratorium Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
KOMPETENSI
|
|
|||||
|
|
|
||||
|
|
|
|
|||
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|||
Kepribadian
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|||
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|||
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|||
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|||
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|||
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|||
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|||
|
|
|
kemandirian
|
|||
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|||
|
|
|
percaya diri
|
|||
|
|
1.1.6
|
Berupaya
meningkatkan
|
|||
|
|
|
kemampuan diri
|
|||
|
|
|
|
|||
|
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|||
|
komitmen terhadap
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang
tinggi
|
|||
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|||
|
|
|
terhadap tugas
|
|||
|
|
1.2.4
|
Tekun, teliti, dan hati-
|
|||
|
|
|
hati dalam
|
|||
|
|
|
melaksanakan tugas
|
|||
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|||
|
|
|
memecahkan masalah
|
|||
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
|||
|
|
|
tugas profesinya
|
|||
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
|||
|
|
|
kualitas
|
|||
2. Kompetensi
|
2.1 Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
|||
Sosial
|
dalam pelaksanaan tugas
|
|
kelemahan diri
|
|||
|
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|||
|
|
|
tentang pihak lain yang
|
|||
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
|||
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|||
|
|
|
berbagai pihak secara
|
|||
|
|
|
efektif
|
|||
|
2.2 Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
|||
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
|||
|
Tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
|||
|
|
|
efektif
|
|||
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|||
|
|
|
peralatan TIK untuk
|
|||
|
|
|
berkomunikasi
|
|||
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Merencanakan
|
|||
Administratif
|
Pemanfaatan
|
|
kebutuhan bahan,
|
|||
|
Laboratorium
|
|
peralatan, dan suku
|
|||
|
sekolah/madrasah
|
|
cadang laboratorium
|
|||
|
|
3.1.2
|
Memanfaatkan katalog
|
|||
|
|
|
sebagai acuan dalam
|
|||
|
|
|
merencanakan bahan,
|
|||
|
|
|
peralatan, dan suku
|
|||
|
|
|
cadang laboratorium
|
|||
|
|
3.1.3
|
Membuat daftar bahan,
|
|||
|
|
|
peralatan, dan suku
|
|||
|
|
|
cadang yang diperlukan
|
|||
|
|
|
laboratorium
|
|||
|
|
3.1.4
|
Merencanakan
|
|||
|
|
|
kebutuhan bahan dan
|
|||
|
|
|
perkakas untuk
|
|||
|
|
|
perawatan dan
|
|||
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|||
|
|
|
laboratorium
|
|||
|
|
3.1.5
|
Merencanakan jadwal
|
|||
|
|
|
perawatan dan
|
|||
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|||
|
|
|
Laboratorium
|
|||
|
3.2 Mengatur
|
3.2.1
|
Mencatat bahan,
|
|||
|
Penyimpanan
|
|
peralatan, dan fasilitas
|
|||
|
bahan, peralatan,
|
|
laboratorium dengan
|
|||
|
perkakas, dan suku
|
|
memanfaatkan peralatan
|
|||
|
cadang
|
|
teknologi informasi dan
|
|||
|
laboratorium
|
|
komunikasi (TIK)
|
|||
|
sekolah/madrasah
|
3.2.2
|
Mengatur tata letak
|
|||
|
|
|
bahan, peralatan, dan
|
|||
|
|
|
fasilitas laboratorium
|
|||
|
|
3.2.3
|
Mengatur tata letak
|
|||
|
|
|
bahan, suku cadang,
|
|||
|
|
|
dan perkakas untuk
|
|||
|
|
|
perawatan dan
|
|||
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|||
|
|
|
Laboratorium
|
|||
4. Kompetensi
|
4.1 Menyiapkan
|
4.1.1
|
Menyiapkan petunjuk
|
|||
Profesional
|
kegiatan
|
|
penggunaan peralatan
|
|||
|
laboratorium
|
|
Laboratorium
|
|||
|
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menyiapkan paket
|
|||
|
|
|
bahan dan rangkaian
|
|||
|
|
|
peralatan yang siap
|
|||
|
|
|
pakai untuk kegiatan
|
|||
|
|
|
praktikum
|
|||
|
|
4.1.3
|
Menyiapkan penuntun
|
|||
|
|
|
kegiatan praktikum
|
|||
|
|
|
KOMPETENSI KHUSUS
|
|||
|
|
|
TKomTeknisi Laboratorium IPA,
|
|||
|
|
|
Fisika, Kimia, Biologi dan Program Produktif
SMK
|
|||
|
|
|
a. Membuat peralatan praktikum sederhana
b. Membuat paket bahan siap paket untuk kegiatan
praktikum
|
|||
|
|
|
Teknisi
Laboratorium Bahasa
|
|||
|
|
|
Membuat
rangkuman audio visual dalam berbagai media untuk kepentingan
pembelajaran
|
|||
|
|
|
Teknisi
Laboratorium Komputer.
|
|||
|
|
a)
|
Memelihara kelancaran
|
|||
|
|
|
jaringan komputer (LAN)
|
|||
|
|
b)
|
Mengoperasikan program
|
|||
|
|
|
aplikasi sesuai dengan
|
|||
|
|
|
kebutuhan mata pelajaran
|
|||
|
|
|
|
|||
|
4.2 Merawat peralatan
|
4.2.1
|
Mengidentifikasi
|
|||
|
dan bahan di
|
|
|
kerusakan peralatan dan
|
||
|
laboratorium
|
|
|
bahan laboratorium
|
||
|
sekolah/madrasah
|
4.2.2
|
Memperbaiki kerusakan
|
|||
|
|
|
|
peralatan laboratorium
|
||
|
|
|
|
|||
|
4.3 Menjaga kesehatan
|
4.3.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
|||
|
dan keselamatan
|
|
|
dan lingkungan kerja
|
||
|
kerja di
|
|
|
|||
|
4.3.2
|
Menggunakan peralatan
|
||||
|
laboratorium
|
|
|
kesehatan dan
|
||
|
sekolah/madrasah
|
|
|
keselamatan kerja di
|
||
|
|
|
|
laboratorium
|
||
|
|
4.3.3
Menangani bahan-bahan
|
||||
|
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
||
|
|
|
|
sesuai dengan prosedur
|
||
|
|
|
|
yang berlaku
|
||
|
|
4.3.4
|
Menangani limbah
|
|||
|
|
|
|
laboratorium sesuai
|
||
|
|
|
|
dengan prosedur yang
|
||
|
|
|
|
Berlaku
|
||
|
|
4.3.5
|
Memberikan pertolongan
|
|||
|
|
|
|
pertama pada
|
||
|
|
|
|
kecelakaan
|
||
3. Kompetensi Laboran
Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
KOMPETENSI
|
|
|||||
|
|
|
||||
1.
Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|||
Kepribadian
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|||
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|||
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|||
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|||
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|||
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|||
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
||
|
|
|
|
kemandirian
|
||
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
||
|
|
|
|
percaya diri
|
||
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya
meningkatkan
|
||
|
|
|
|
kemampuan diri
|
||
|
|
|
|
|||
|
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|||
|
|
komitmen
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang
tinggi
|
||
|
|
terhadap tugas
|
|
|
||
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|||
|
|
|
|
terhadap tugas
|
||
|
|
|
1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-hati
|
|||
|
|
|
|
dalam melaksanakan
|
||
|
|
|
|
tugas
|
||
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
||
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
||
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
||
|
|
|
|
tugas profesinya
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada kualitas
|
||
|
|
|
|
|
||
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan
dan
|
||
Sosial
|
|
dalam
|
|
kelemahan diri
|
||
|
|
pelaksanaan
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
||
|
|
tugas
|
|
tentang pihak lain yang
|
||
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
||
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
||
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
||
|
|
|
|
efektif
|
||
|
|
|
|
|
||
|
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
||
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
||
|
|
tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
||
|
|
|
|
efektif
|
||
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan
berbagai
|
||
|
|
|
|
peralatan TIK untuk
|
||
|
|
|
|
berkomunikasi
|
||
|
|
|
|
|||
3. Kompetensi
|
3.1
Menginventarisasi
|
3.1.1
|
Mencatat bahan
|
|||
Administratif
|
|
bahan praktikum
|
|
laboratorium
|
||
|
|
|
3.1.2
|
Mencatat penggunaan
|
||
|
|
|
|
bahan laboratorium
|
||
|
|
|
3.1.3
|
Melaporkan
penggunaan
|
||
|
|
|
|
bahan laboratorium
|
||
|
|
|
|
|||
|
3.2 Mencatat
kegiatan
|
3.2.1
|
Mencatat kehadiran
guru
|
|||
|
|
praktikum
|
|
dan peserta didik
|
||
|
|
3.2.2
|
Mencatat penggunaan
|
|||
|
|
|
alat
|
|
|
|
|
|
3.2.3
|
Mencatat penggunaan
|
|||
|
|
|
penuntun praktikum
|
|||
|
|
3.2.4
|
Mencatat kerusakan alat
|
|||
|
|
3.2.5
|
Melaporkan
keseluruhan
|
|||
|
|
|
kegiatan praktikum
|
|
||
|
|
|
secara periodik
|
|
||
|
|
|
|
|
||
4. Kompetensi
|
4.1 Merawat ruang
|
4.1.1
|
Menata ruang
|
|
||
Profesional
|
laboratorium
|
|
laboratorium
|
|
||
|
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menjaga kebersihan
|
|||
|
|
|
ruangan laboratorium
|
|||
|
|
|
||||
|
|
4.1.3. Mengamankan
ruang
|
||||
|
|
|
laboratorium
|
|
||
|
|
|
|
|||
|
4.2 Mengelola bahan
|
4.2.1
|
Mengklasifikasikan
bahan
|
|||
|
dan peralatan
|
|
dan peralatan praktikum
|
|||
|
laboratorium
|
4.2.2
|
Menata
|
bahan
|
dan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
peralatan praktikum
|
|||
|
|
4.2.3
|
Mengidentifikasi
|
|
||
|
|
|
kerusakan
|
bahan,
|
||
|
|
|
peralatan,
|
dan fasilitas
|
||
|
|
|
laboratorium
|
|
||
|
|
4.2.4
|
Menjaga
|
kebersihan alat
|
||
|
|
|
laboratorium
|
|
||
|
|
4.2.5
|
Mengamankan bahan
dan
|
|||
|
|
|
peralatan laboratorium
|
|||
|
|
|
||||
|
|
Khusus untuk laboran biologi:
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2.6
|
Merawat
|
tanaman
|
untuk
|
|
|
|
|
kegiatan praktikum
|
|
||
|
|
4.2.7
|
Memelihara hewan
untuk
|
|||
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
4.3 Melayani
kegiatan
|
4.3.1
|
Menyiapkan bahan
sesuai
|
|||
|
praktikum
|
|
dengan penuntun
|
|
||
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
|
4.3.2
|
Menyiapkan peralatan
|
|||
|
|
|
sesuai dengan penuntun
|
|||
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
|
4.3.3
|
Melayani guru dan
|
|
||
|
|
|
peserta didik dalam
|
|||
|
|
|
pelaksanaan praktikum
|
|||
|
|
4.3.4
|
Menyiapkan kelengkapan
|
|||
|
|
|
pendukung praktikum
|
|||
|
|
|
(lembar kerja, lembar
|
|||
|
|
|
rekam data, dan lain-lain)
|
|||
|
|
|
|
|||
|
4.4 Menjaga
|
4.4.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
|||
|
kesehatan dan
|
|
dan lingkungan kerja
|
|||
|
keselamatan kerja
|
4.4.2
|
Menggunakan peralatan
|
|||
|
di laboratorium
|
|
kesehatan dan
|
|||
|
sekolah/madrasah
|
|
keselamatan kerja di
|
|||
|
|
|
laboratorium
|
|||
|
|
|
|
|||
|
|
4.4.3
|
Menangani bahan-bahan
|
|||
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|||
|
|
|
sesuai dengan prosedur
|
|||
|
|
|
yang berlaku
|
|||
|
|
4.4.4
|
Menangani limbah
|
|||
|
|
|
laboratorium sesuai
|
|||
|
|
|
dengan prosedur yang
|
|||
|
|
|
berlaku
|
|||
|
|
4.4.5
|
Memberikan pertolongan
|
|||
|
|
|
pertama pada kecelakaan
|
Menurut Decaprio (2013:47-58) Struktur
Organisasi Laboratorium.
Organisasi
laboratorium memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pengelolaan
laboratorium. Berikut ini beberapa di antara fungsi-fungsi strategis tersebut.
1. Memperlancar
Perencanaan Praktik dan Penelitian di Laboratorium
Hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan
kegiatan penelitian (praktik) di laboratorium akan dapat dijalankan secara
maksimal
dengan adanya organisasi laboratorium. Struktur organisasi laboratorium juga akan
dapat mengarahkan rencana kerja atau kegiatan penelitian serta rencana anggaran
yang diperlukan, termasuk juga mengenai teknis pelaksanaannya. Hal tersebut
dapat dijalankan dengan berbagai macam cara berikut ini.
a. Rapat
kegiatan para pengelola atau susunan struktur organisasi laboratorium yang
membicarakan rencana-rencana kegiatan penelitian (praktik) di laboratorium
serta mekanisme kegiatan praktik atau penelitian yang akan dilakukan dengan
satu atau lebih target yang akan dicapai.
b. Rapat
anggaran kegiatan penelitian di laboratorium agar bisa menentukan berapa jumlah
anggaran yang diperlukan untuk kegiatan penelitian atau untuk suatu kegiatan
eksperimentasi di laboratorium.
2.
Memperlancar Manajemen (Pengaturan)
Kegiatan Penelitian dan Praktik di Laboratorium
Dengan
adanya struktur organisasi laboratorium, seluruh kegiatan penelitian akan
berjalan berdasarkan manajemen yang kuat dan profesional sehingga kegiatan
penelitian akan berjalan dengan lancar. Jika manajemen kegiatan di laboratorium
berjalan dengan lancar, akan muncul sejumlah hal positif berikut.
a. Hubungan
yang berkesinambungan antarseluruh pengelola laboratorium, peneliti, termasuk
juga dengan lembaga-lembaga yang berkaitan dengan laboratorium tersebut. Dengan
demikian, seluruh kegiatan akan berjalan lancar sesuai dengan harapan yang
diinginkan.
b. Job description yang
jelas dan yang mampu rnenjelaskan tugas dari masing-masing bagian yang bertugas
di laboratorium. Dengan demikian, seluruh individu yang terlibat dalam kegiatan
laboratorium akan mengerti fungsi dan kerjanya masing-masing dan seluruh
kegiatan penelitian (praktik) akan berjalan dengan penuh tanggung jawab.
c. Koordinasi
yang efektif antara setiap individu (bagian) yang terlibat dalam kegiatan
penelitian (praktik) di laboratorium sehingga kegiatan di laboratorium dapat
berjalan dengan efektif dan efisien.
d. Pengaturan
administrasi laboratorium yang baik dan benar. Misalnya, penataan dan pendataan
arsip serta inventaris organisasi laboratorium, penataan anggota atau peserta
penelitian (praktik) secara teratur, persyaratan keikutsertaan dalam kegiatan
penelitian yang simpel dan mudah, penyaluran keuangan yang bisa
dipertanggungiawabkan, dan lain sebagainya.
3. Memperlancar
Pelaporan dan Pertanggungjawaban Seluruh Kegiatan di Laboratorium Sehingga Mudah
Dievaluasi
Pelaporan
merupakan unsur wajib yang harus ada dalam seluruh kegiatan di laboratorium
untuk menunjukkan sikap dan rasa tanggung jawab dari para pengelola
laboratorium kepada lembaga yang menaunginya ataupun kepada manajer yang berada
di pucuk pimpinan laboratorium tersebut. Wujud konkretnya adalah sebagai
berikut.
a. Progress report,
yaitu laporan pengembangan dan proses berjalannya kegiatan penelitian, praktik,
dan eksperimentasi di laboratorium (baik dari segi jumlah peserta, hasil yang
diperoleh, peralatan yang dipakai, dan hal-hal lainnya yang bersifat teknis
operasional).
b. Laporan
Pertanggungjawaban (LPJ) kegiatan penelitian secara keseluruhan, mulai dari
teknis operasional, keuangan, mitra kerja sama, dan lainlain.
4. Mempermudah
Pengawasan (Controlling) Segala Kegiatan di Laboratorium
Pengawasan
adalah salah satu unsur penting dalam kegiatan di laboratorium. Salah satu
tugas pengelola laboratorium yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan
pengawasan terhadap aktivitas laboratorium ataupun realisasi kegiatan dan
penggunaan anggaran laboratorium. Bila pengawasan dapat dilakukan dengan mudah
dan lancar, maka kegiatan praktik atau pun penelitian di pengawasan akan
berjalan lancar.
Jabatan dalam
Organisasi Laboratorium dan Tugasnya
Dalam Struktur
organisasi laboratorium, terdapat jabatan atau bagian yang harus diemban oleh
para pengelola laboratorium. Pengadaan struktur atau jabatan laboratorium ini
sebenarnya tergantung kebutuhan masing-masing. Jika kebutuhan kegiatan
laboratorium sangat banyak, tentu organisasi laboratorium membutuhkan struktur
atau jabatan yang cukup banyak.
Sebaliknya, jika
kebutuhan kegiatan laboratorium sedikit, maka struktur organisasi atau jabatan
laboratorium cukup diisi dengan beberapa jabatan saja. Tetapi, secara garis
besar, ada beberapa jabatan yang harus ada dalam setiap struktur organisasi
laboratorium, apa pun jenis laboratorium tersebut. jabatan-jabatan tersebut
adalah:
a.
kepala laboratorium,
b.
supervisor,
c.
penanggung jawab teknis,
d.
koordinator
laboratorium, dan
e.
laboran.
ltulah jabatan inti
dari organisasi laboratorium. Setiap laboratorium minimal harus memiliki
struktur yang diisi oleh jabatan-jabatan di atas untuk mengelola laboratorium.
Ada pun tugas-tugas dari bagian-bagian dalam struktur organisasi laboratorium
adalah sebagai berikut.
1.
Tugas Kepala Laboratorium
Dalam
pengelolaan laboratorium, kepala laboratorium memiliki tugas-tugas sebagai
berikut:
a.
Memberi tugas kepada penanggung jawab
teknis, koordinator laboratorium, koordinator peserta kegiatan di laboratorium
(kegiatan penelitian, praktik, eksperimentasi), dan memberi tugas kepada
laboran. Selain itu, kepala laboratorium harus meminta penanggungjawaban dari
setiap bagian di bawahnya mengenai pelaksanaan tugasnya masing-masing.
b.
Memberi bimbingan, motivasi, pemantauan,
dan evaluasi kepada petugas laboratorium. Oleh karena itu, seorang kepala
laboratorium harus memiliki keahlian tentang kegiatan di laboratorium yang
dipimpinnya. Tanpa keahlian ia tidak akan bisa membimbing seluruh anak di
bawahnya.
c.
Memberi motivasi kepada para peserta
yang terlibat dalam kegiatan laboratorium. Di sinilah pentingnya seorang kepala
laboratorium memahami fungsi dan tujuan dari kegiatan laboratorium sehingga ia
bisa memberi motivasi kepada seluruh peserta.
d.
Menyediakan dana untuk keperluan
operasional laboratorium. Dana ini tidak harus berasal dari dana pribadi.
Seorang kepala laboratorium bisa memperoleh dana dari swadaya, sponsor, lembaga
yang menaunginya, para peserta yang terlibat dalam kegiatan laboratorium,
ataupun dari sumber sumber lain yang tidak mengikat.
2. Tugas
Supervisor
Seorang
supervisor juga memiliki tugas yang cukup berat dalam pengelolaan laboratorium.
Peran kerja supervisor dalam pengelolaan laboratorium ini berada di level
tengah, yaitu di antara ketua laboratorium (para atasan pembuat kebijakan) dan
di antara para staf pelaksana rutinitas kegiatan laboratorium. Dengan fungsi
kerja yang berada di antara itu, maka tugas utama supervisor adalah melakukan
supervisi terhadap para staf pelaksana rutinitas aktivitas laboratorium.
Adapun
perincian tugasnya dalam pengelolaan laboratorium adalah sebagai berikut.
a.
Melakukan checklist day to day,
yaitu selalu mengontrol kegiatan laboratorium setiap hari.
b.
Memonitor penataan barang-barang
laboratorium, serta menjaga dan memonitor keutuhan fungsi dari barang-barang
laboratorium tersebut. Misalnya, memonitor lemari, meja, kursi, komputer, LCD,
dan lain sebagainya.
c.
Melakukan pengecekan penerimaan peserta
penelitian di laboratorium serta melakukan pemantauan hasil penelitian,
praktik, ataupun eksperimentasi yang dilakukan di laboratorium.
d.
Mengawasi kelancaran kegiatan
penelitian, praktik, ataupun eksperimentasi yang dilakukan di laboratorium.
e.
Melakukan counseling dengan para
bawahan di laboratorium.
3. Tugas
Penanggung Jawab Teknis Laboratorium
Seorang
penanggung jawab teknis laboratorium memiliki tugas yang berkaitan langsung
dengan kegiatan di laboratorium, khususnya yang berkaitan dengan hal-hal teknis
(bukan substansi kegiatan laboratorium). Penanggungjawab teknis laboratorium
harus mampu mengadministrasi segala kegiatan yang ada di dalam laboratorium
dengan baik. Hal ini supaya kegiatan di dalam laboratorium dapat dikendalikan
dan dapat terinventarisasi dengan baik. Adapun tugas-tugas seorang penanggung jawab teknis
laboratorium adalah sebagia berikut.
a.
Bertanggung jawab atas kelengkapan
administrasi laboratorium. Contoh dari administrasilaboratorium di antaranya mencakup:
1)
Absensi,
2)
Kartu peserta (jika diperlukan),
3)
Buku inventaris barang laboratorium,
4)
Buku
noninventaris barang laboratorium,
5)
Buku
peminjaman barang laboratorium,
6)
Jurnal kegiatan praktik, penelitian, dan
eksperimentasi di laboratorium,
7)
Buku servis peralatan laboratorium,
8)
Buku
stok barang laboratorium, dan
9)
Buku
pemeriksaan peralatan praktik laboratorium.
b.
Bertanggung jawab atas kelancaran kegiatan laboratorium. Sekecil apa pun
kendala yang bisa terjadi saat kegiatan laboratorium berjalan harus dihindari.
c.
Mengusulkan pengadaan alat/bahan laboratorium Sebagai penanggung jawab
teknis urusan laboratorium, mereka memiliki wewenang untuk menambah peralatan
laboratorium dan menguranginya. Oleh karena itu, mereka harus mengecek semua
peralatan laboratorium agar bisa mengetahui mana yang perlu ditambah dan
dikurangi.
3. Tugas Koordinator Laboratorium
Seorang
koordinator laboratorium memiliki fungsi dan tugas yang sangat strategis dalam
pengelolaanlaboratorium. Adapun tugas-tugasnya dapat diuraikan sebagai berikut.
a. Mengkoordinir
para peserta, pelatih, dan pembimbing dalam kegiatan penelitian, praktik,dan eksperimentasi
di laboratorium.
b. Koordinator
laboratorium juga memiliki tugas (wewenang) yang sama seperti penanggung jawab
teknis laboratorium, yaitu dalam hal pengusulan pengadaan alat/bahan
laboratorium kepada ketua laboratorium.
5. Tugas
Laboran
Laboran
adalah tenaga kependidikan yang bekerja di laboratorium dan membantu proses
penelitian, praktik, dan eksperimentasi di laboratorium.Keberadaan laboran di
suatu laboratorium sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan proses
penelitian, praktik, dan ekperimentasi terhadap sebuah objek tertentu. Untuk
ini, seorang laboran seyogyanya memiliki hard skill dan soft skills yang
memadai. Insisiatif, ketekunan, kreativitas, kecakapan, keterampilan serta
pengetahuan yang dikuasai oleh laboran sering kali membantu efisiensi dan
efektivitas serta produktivitasdari laboratorium, apa pun jenisnya. Adapun tugas-tugas
seorang laboran dapat diuraikan sebagai berikut.
a. Mengerjakan
administrasi laboratorium. Misalnya, laboran wajib mengabsen para peserta
penelitian, praktik, dan eksperimentasi (bukan menyediakan absensi).
b. Mengatur
alat/bahan laboratorium. Misalnya, laboran harus menertibkan atau merapikan
kursi, meja, dan lemari, yang mana alat-alat itu diperlukan dalam kegiatan
penelitian, praktik, dan ekperimentasi di laboratorium.
c. Bertanggung
jawab atas kebersihan alat dan ruang laboratorium serta perlengkapannya. Dalam
hal ini, seorang laboran harus datang ke laboratorium minimal 30 menit sebelum
kegiatan penelitian, praktik, dan eksperimentasi dilaksanakan. Sebab, ia punya
tugas untuk menyapu lantai laboratorium, membersihkan debu, mengecek LCD,
mengecek fungsi-fungsi peralatan laboratorium, dan lain sebagainya.
d. Membantu
para pembimbing, guru, pelatih, selama kegiatan penelitian, praktik, dan
ekperiemntasi berlangsung-meskipun hal-hal itu tidak berkaitan dengan hal-hal
yang bersifat substantif.
Sumber:
Decaprio,R.
2013. Tips
Mengelola laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva
Press.
Permendiknas N0. 26 Tahun 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar