Selasa, 27 November 2018

STANDAR SARANA, PRASARANA DAN ALAT LABORATORIUM


STANDAR SARANA, PRASARANA
 DAN ALAT LABORATORIUM


Nama : Bs. Dita Fitri
Nim : A1C317054
Kelas : Reguler A



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATERMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2018


STANDAR SARANA, PRASARANA DAN ALAT LABORATORIUM
Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dalam menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar, seperti gedung, ruang kelas, meja kursi, serta alat-alat media pengajaran. Adapun yang dimaksud dengan prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran, seperti halaman, kebun, taman sekolah, jalan menuju sekolah, tetapi jika dimanfaatkan secara langsung untuk proses belajar mengajar, seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi, halaman sekolah sebagai sekaligus lapangan olahraga, komponen tersebut merupakan sarana pendidikan (Mulyasa, 2004:49)
Secara etimologi (arti kata) prasarana berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan. Prasarana pendidikan misalnya lokasi/tempat, bangunan sekolah lapangan olah raga dan sebaginya. Sedangkan sarana adalah alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan, misalnya: ruang, buku, perpustakaan, laboratorium dan sebagainya (Khasan, 2006:91)
Manajemen Sarana dan Prasarana dapat diartikan sebagai segenap proses pengadaan dan pendayagunaan komponen-komponen secara langsung maupun tidak langsung jalannya proses pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang amat penting di sekolah, karena keberadaannya akan sangat mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah (Indrawan, 2015 : 9).
Menurut Permendiknas 24 Tahun 2007 tentang sarana dan prasarana laboratorium yaitu:
1.      SD/MI
Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. laboratorium IPA,
4. ruang pimpinan,
5. ruang guru,
6. tempat beribadah,
7. ruang UKS,
8. jamban,
9. gudang,
10. ruang sirkulasi,
11. tempat bermain/berolahraga.
Laboratorium IPA
a. Laboratorium IPA dapat memanfaatkan ruang kelas.

b. Sarana laboratorium IPA berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan
dalam bentuk percobaan.
c. Setiap satuan pendidikan dilengkapi sarana laboratorium IPA seperti tercantum pada Tabel 2.7.
No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot
1.1
Lemari
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai  untuk menyimpanseluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapatmemanfaatkan  lemari yangterdapat di ruang kelas.
2
Peralatan Pendidikan
2.1
Model kerangkamanusia
1 buah/sekolah
Tinggi minimum 125 cm.
Mudah dibawa.
2.2
Model tubuh manusia
1 buah/sekolah
Tinggi minimum 125 cm.
Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang.
Mudah dibawa.
2.3
Globe
1 buah/sekolah
Diameter minimum 40 cm.
Memiliki penyangga dan dapat diputar.
Dapat memanfaatkan globe yang terdapat diruang perpustakaan.
2.4
Model tata surya
1 buah/sekolah
Dapat mendemonstrasikan terjadinya fenomena gerhana.
2.5
Kaca pembesar
6 buah/sekolah
2.6
Cermin datar
6 buah/sekolah
2.7
Cermin cekung
6 buah/sekolah
2.8
Cermin cembung
6 buah/sekolah
2.9
Lensa datar
6 buah/sekolah
2.10
Lensa cekung
6 buah/sekolah
2.11
Lensa cembung
6 buah/sekolah
2.12
Magnet batang
6 buah/sekolah
Dapat mendemonstrasikan gaya magnet
2.13
Poster IPA, terdiri dari:
a.    Metamorfosis,
b.    Hewan langka,
c.    Hewan dilindungi,
d.   Tanaman khas indonesia
e.    Contoh ekosisten
f.     Sistem-sistem pernapasan hewan
1 set/sekolah
Jelas tebaca dan berwarna, ukuran minimal A1

2.      SMP/MTs
Kelengkapan Prasarana Dan Sarana
Sebuah SMP/MTs sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1.      Ruang kelas,
2.      Ruang perpustakaan,
3.      Ruang laboratorium IPA,
4.      Ruang pimpinan,
5.      Ruang guru,
6.      Ruang tata usaha,
7.      Tempat beribadah,
8.      Ruang konseling,
9.      Ruang UKS,
10.  Ruang organisasi kesiswaan,
11.  Jamban,
12.  Gudang,
13.  Ruang sirkulasi,
14.  Tempat bermain/berolahraga.

Ketentuan mengenai ruang-ruang tersebut beserta sarana yang ada di setiap ruang diatur dalam setiap ruang sebagai berikut.

Ruang Laboratorium IPA
a.       Ruang laboratorium IPA berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran IPA secara praktek yang memerlukan peralatan khusus.
b.      Ruang laboratorium IPA dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
c.       Rasio minimum luas ruang laboratorium IPA 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar minimum ruang laboratorium IPA 5 m.
d.      Ruang laboratorium IPA dilengkapi dengan fasilitas untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
e.       Tersedia air bersih.
f.       Ruang laboratorium IPA dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.7.




Tabel 3.7 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium IPA

No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1.
Perabot
1.1
Kursi
1 buah/peserta didik,ditambah1 buah/guru
Kuat, stabil, aman, dan mudah dipindahkan.
1.2
Meja peserta didik
1 buah/7peserta didik
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung kegiatan peserta didik secara berkelompok maksimum 7 orang.
1.3
Meja demonstrasi
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Luas meja memungkinkan untuk melakukan demonstrasi dan menampung peralatan dan bahan yang diperlukan.
Tinggi meja memungkinkan seluruh peserta didik dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.
1.4
Meja persiapan
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyiapkan  materi percobaan.
1.5
Lemari alat
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung alat.
Tertutup dan dapat dikunci.
1.6
Lemari Bahan
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung bahan dan tidak mudah berkarat.
Tertutup dan dapat dikunci.
1.7
Bak cuci
1 buah/2kelompok, ditambah 1 buah ruang persiapan.
Tersedia air bersih dalam jumlah memadai
2.
Peralatan pendidikan
2.1
Mistar
6 buah/lab
Panjang minimum 50 cm,ketelitian 1 mm.
2.2
Jangka sorong
6 buah/lab
Ketelitian 0,1 mm.
2.3
Timbangan
3 buah/lab
Memiliki ketelitian berbeda.
2.4
Stopwatch
6 buah/lab
Ketelitian 0,2 detik
2.5
Rol meter
1 buah/lab
Panjang minimum 5 m,ketelitian 1 mm.
2.6
Termometer 100 C
6 buah/lab
Ketelitian 0,5 derajat.
2.7
Gelas ukur
6 buah/lab
Keteltian 0,1 ml.
2.8
Massa logam
3 buah/lab
Dari jenis yang berbeda,minimum massa 20 g.
2.9
Multimeter AC/DC, 10 kilo ohm/volt.
6 buah/lab
Dapat mengukur tegangan, arus, dan hambatan.
Batas minimum ukur arus100 mA-5 A.
Batas minimum ukur teganganuntuk DC 100 mV-50 V.
Batas minimum ukur teganganuntuk AC 0-250 V.
2.10
Batang magnet
6 buah/lab
Dilengkapi dengan potongan berbagai jenis logam.
2.11
Globe
1 buah/lab
Memiliki  penyangga  dan dapat diputar.
Diameter minimum 50 cm.
Dapat memanfaatkan globe yangterdapat di ruang perpustakaan.
2.12
Model tata surya
1 buah/lab
Dapat menunjukkan terjadinya gerhana.
Masing-masing planet dapat diputar mengelilingi matahari.
2.13
Garpu tala
6 buah/lab
Bahan baja, memiliki frekuensiberbeda dalam rentang audio.
2.14
Bidang miring
1 buah/lab
Kemiringan dan kekasaranpermukaan dapat diubah-ubah.
2.15
Dinamometer
6 buah/lab
Ketelitian 0,1 N/cm.
2.16
Katrol tetap
2 buah/lab
2.17
Katrol bergerak
2 buah/lab
2.18
Balok kayu
3 macam/lab
Memiliki massa, luas permukaan,dan koefisien gesek berbeda.
2.19
Percobaan muai panjang
1 set/lab
Mampu menunjukkan fenomena danmemberikan data pemuaian minimum untuk tiga jenis bahan.
2.20
Percobaan optik
1 set/lab
Mampu menunjukkan fenomenasifat bayangan dan memberikan datatentang keteraturan hubungan antarajarak benda, jarak bayangan, danjarak fokus cermin cekung, cermincembung, lensa cekung, dan lensacembung.
Masing-masing minimum dengantiga nilai jarak fokus.
2.21
Percobaan rangkaian listrik
1 set/lab
Mampu memberikan data hubunganantara tegangan, arus, danhambatan.
2.22
Gelas kimia
30 buah/lab
Berskala, volume 100 ml
2.23
Model molekul sederhana
6set/lab
Minimum dapat menunjukkan atomhidrogen, oksigen, karbon, belerang, nitrogen, dan dapat dirangkai menjadi molekul.
2.24
Pembakar spirtus
6 buah/lab
Kaca, dengan sumbu dan tutup.
2.25
Cawan penguap
6 buah/lab
Bahan keramik, permukaan dalam diglasir.
2.26
Kaki tiga
6 buah/lab
Dilengkapi kawat kasa dan tingginya sesuai tinggi pembakar spiritus.
2.27
Plat tetes
6 buah/lab
Minimum ada 6 lubang
2.28
Pipa tetes + karet
100 buah/lab
Ujung pendek
2.29
Mikroskop monokuler
6 buah/lab
Minimum tinggi nilai dan dua nilai pembesar okuler.
2.30
Kaca pembesar
6 buah/lab
Minimum tia nilai jarak fokus.
2.31
Poster genetika
1 buah/lab
Isi poster jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.
2.32
Model kerangka manusia
1 buah/lab
Tinggi minimum 150 cm.
2.33
Model tubuh manusia
1 buah/lab
Tinggi minimum 150 cm.
Organ tubuh terlihat dan dapat dilepaskan dari model.
Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
2.34
Gambar/model pencernaan manusia
1 buah/lab
Jika berupa gambar, maka isinyajelas terbaca dan berwarna denganukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.
2.35
Gambar/model sistem peredaran darah manusia
1 buah/lab
Jika berupa gambar, maka isinyajelas terbaca dan berwarna denganukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.
2.36
Gambar/model sistem pernafasan manusia
1 buah/lab
Jika berupa gambar, maka isinyajelas terbaca dan berwarna denganukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang
2.37
Gambar/model jantung manusia
1 buah/lab
Jika berupa gambar, maka isinyajelas terbaca dan berwarna denganukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang
2.38
Gambar/model mata manusia
1 buah/lab
Jika berupa gambar, maka isinyajelas terbaca dan berwarna denganukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang
2.39
Gambar/model telinga manusia
1 buah/lab
Jika berupa gambar, maka isinyajelas terbaca dan berwarna denganukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang
2.40
Gambar/model tenggorokan manusia
1 buah/lab
Jika berupa gambar, maka isinyajelas terbaca dan berwarna denganukuran minimum A1.
Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang
2.41
Petunjuk percobaan
6 buah/percobaan
3
Media pendidikan
3.1
Papan tulis
1 buah/lab
Ukuran minimum 90 cm x 200 cm.
Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik melihatnya dengan jelas.
4
Perlengkapan lain
4.1
Kotak kontak
9 buah/lab
1 buah untuk tiap meja peserta didik, 2 buah untuk meja demo, 2 buah untuk di ruang persiapan.
4.2
Alat pemadam kebakaran
1 buah/lab
Mudah dioperasikan.
4.3
Peralatan P3K
1 buah/lab
Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak kadaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka terbuka.
4.4
Tempat sampah
1 buah/lab
4.5
Jam dinding
1 buah/lab


3.      SMA/MA
Kelengkapan Prasarana Dan Sarana
Sebuah SMA/MA sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1.      Uang kelas,
2.       Ruang perpustakaan,
3.      Ruang laboratorium biologi,
4.      Ruang laboratorium fisika,
5.      Ruang laboratorium kimia,
6.      Ruang laboratorium komputer,
7.      Ruang laboratorium bahasa,
8.      Ruang pimpinan,
9.      Ruang guru, 
10.  Ruang tata usaha,
11.  Tempat beribadah,
12.  Ruang konseling,
13.  Ruang UKS,
14.  Ruang organisasi kesiswaan,
15.  Jamban,
16.  Gudang,
17.  Ruang sirkulasi,
18.  Tempat bermain/berolahraga.
Ketentuan mengenai ruang-ruang tersebut beserta sarana yang ada di setiap ruang diatur dalam standar tiap ruang sebagai berikut.

Ruang Laboratorium Fisika
a.       Ruang laboratorium fisika berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran fisika secara praktek yang memerlukan peralatan khusus.
b.      Ruang laboratorium fisika dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
c.       Rasio minimum ruang laboratorium fisika 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar ruang laboratorium fisika minimum 5 m.
d.      Ruang laboratorium fisika memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
e.       Ruang laboratorium fisika dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada tabel 4.8.

No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot
1.1
Kursi
1 buah/peserta didik,ditambah1 buah/guru
Kuat, stabil, aman, dan mudahdipindahkan.
1.2
Meja kerja
1 buah/7peserta didik
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung kegiatan peserta didik secara berkelompok maksimum 7 orang.
1.3
Meja demonstrasi
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Luas meja memungkinkan untuk melakukan  demonstrasi dan menampung peralatan dan bahanyang diperlukan.
Tinggi meja memungkinkan seluruh peserta didik dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.
1.4
Meja persiapan
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyiapkan  materi percobaan.
1.5
Lemari alat
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung alat.
Tertutup dan dapat dikunci.
1.6
Lemari Bahan
1 buah/lab
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menampung bahan dan tidak mudah berkarat.
Tertutup dan dapat dikunci.
1.7
Bak cuci
1 buah/2kelompok, ditambah 1 buah ruang persiapan.
Tersedia air bersih dalam jumlah memadai
2
Peralatan Pendidikan
2.1
Bahan dan Dasar Alat Ukur
2.1.1
Mistar
6 buah/lab
Panjang minimum 50 cm, skala terkecil 1 mm.
2.1.2
Rolmeter
6 buah/lab
Panjang minimum 10 m, skala terkecil 1 mm.
2.1.3
Jangka Sorong
6 buah/lab
Ketelitian 0,1 mm.
2.1.4
Mikrometer
6 buah/lab
Ketelitian 0,01 mm.
2.1.5
Kubus massa sama
6 set/lab
Massa 100 g (2%),4 jenis bahan.
2.1.6
Silinder massa sama
6 set/lab
Massa 100 g (2%),4 jenis bahan.
2.1.7
Plat
6 set/lab
Terdapat kail penggantung, bahan logam 4 jenis.
2.1.8
Beban bercelah
10 buah/lab
Massa antara 5-20 g, minimum 2 nilai massa, terdapat fasilitas pengait.
2.1.9
Neraca
1 buah/lab
Ketelitian 10 mg.
2.1.10
Pegas
6 buah/lab
Bahan baja pegas, minimum 3 jenis.
2.1.11
Dinamometer (pegas presisi)
6 buah/lab
Ketelitian 0,1 N/cm.
2.1.12
Gelas ukur
6 buah/lab
Bahan borosilikat.
Volume antara 100-1000 ml.
2.1.13
Topwatch
6 buah/lab
Ketelitian 0,2 detik.
2.1.14
Termometer
6 buah/lab
Tersedia benang  penggantung.
 Batas ukur 10-110 oC.
2.1.15
Gelas beaker
6 buah/lab
Bahan borosilikat.
Volume antara 100-1000 ml, terdapat tiga variasi volume.
2.1.16
Garputala
6 buah/lab
Bahan baja.
Minimum 3 variasi frekuensi
2.1.17
Multimeter AC/DC 10 kilo ohm/volt
6 buah/lab
Dapat mengukur tegangan, arus dan hambatan.
Batas ukur arus minimum 100 mA-5 A.
Batas minimum ukur tegangan untuk DC 100 mV-50 V.
Batas minimum ukur tegangan untuk AC 0-250 V.
2.1.18
Kotak potensiometer
6 buah/lab
Disipasi maksimum 5 watt.
Ukuran hambatan 50 Ohm.
2.1.19
Osiloskop
1 set/lab
Batas ukur 20 MHz, dua kanal, beroperasi X-Y, tegangan masukan 220 volt, dilengkapi probe intensitas, tersedia buku petunjuk.
2.1.20
Generator frekuensi
6 buah/lab
Frekuensi luaran dapat diatur dalam rentang audio.
Minimum 4 jenis bentuk gelombang dengan catu daya 220 volt.
Mampu menggerakkan speaker daya 10 watt.
2.1.21
Pengeras suara
6 buah/lab
Tegangan masukan 220 volt, daya maksimum keluaran 10 watt.
2.1.22
Kabel penghubung
1 set/lab
Panjang minimum 50 cm, dilengkapi plug diameter 4 mm.
Terdapat 3 jenis warna: hitam, merah dan putih, masing-masing 12 buah.
2.1.23
Komponen elektronika
1 set/lab
Hambatan tetap antara 1 Ohm - 1 M Ohm,disipasi 0,5 watt masing-masing 30 buah, mencakup LDR, NTC, LED, transistor dan lampu neon masing-masing minimum 3 macam.
2.1.24
Catu daya
6 buah/lab
Tegangan masukan 220 V, dilengkapi pengaman, tegangan keluaran antara 3-12 V, minimum ada 3 variasi tegangan keluaran.
2.1.25
Transformator
6 buah/lab
Teras inti dapat dibuka.
Banyak lilitan antara 100-1000.
Banyak lilitan minimum ada 2 nilai.
2.1.26
Magnet U
6 buah/lab
2.2
Alat Percobaan
2.2.1
Percobaan adwood atau Percobaan kereta dan pewaktu ketik
6set/lab
Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data GLB dan GLBB.
Minimum dengan 3 kombinasi nilai massa beban.
6set/lab
Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data GLB dan GLBB.
Lengkap dengan pita perekam.
2.2.2
Percobaan papan luncur
6set/lab
Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data gerak benda pada bidang miring.
Kemiringan papan dapat diubah, lengkap dengan katrol dan balok.
Minimum dengan tiga nilai koefisien gesekan.
2.2.3
Percobaan Ayunan Sederhana atau Percobaan Getaran Pada Pegas.
6set/lab
Mampu menunjukkan fenomena ayunan dan memberikan data pada pengukuran percepatan gravitasi.
Minimum dengan tiga nilai panjang ayunan dan tiga nilai massa beban.
6set/lab
Mampu menunjukkan fenomena ayunan dan memberikan data pada pengukuran percepatan gravitasi.
Minimum dengan tiga nilai panjang ayunan dan tiga nilai massa beban.
2.2.4
Percobaan Hooke
6 set/lab
Mampu memberikan data untukmembuktikan hukum Hooke dan menentukan minimum 3 nilai konstanta pegas.
2.2.5
Percobaan Kalorimeter
6 set/lab
Mampu memberikan data untuk membuktikan hukum kekekalan energi panas serta menentukan kapasitas panas kalorimeter dan kalor jenis minimum tiga jenis logam.
Lengkap dengan pemanas, bejana dan kaki tiga, jaket isolator, pengaduk dan termometer.
2.2.6
Percobaan Bejana Berhubungan
6 set/lab
Mampu memberikan data untuk membuktikan hukum fluida statik dan dinamik.
2.2.7
Percobaan Optik
6 set/lab
Mampu menunjukkan fenomena sifat bayangan dan memberikan data tentang keteraturan hubungan antara jarak benda,jarak bayangan dan jarak fokus cermin cekung, cermin cembung, lensa cekung, dan lensa cembung.
Masing-masing minimum dengan tiga nilai jarak fokus.
2.2.8
Percobaan Resonansi Bunyi atau Percobaan Sonometer
6 set/lab
Mampu menunjukkan fenomena resonansi dan memberikan data kuantisasi panjang gelombang, minimum untuk tiga nilai frekuensi.
6 set/lab
Mampu memberikan data hubungan antara frekuensi bunyi suatu dawai dengan tegangannya, minimum untuk tiga jenis dawai dan tiga nilai tegangan.
2.2.9
Percobaan Hukum Ohm
6 set/lab
Mampu memberikan data keteraturan hubungan antara arus dan tegangan minimum untuk tiga nilai hambatan.
2.2.10
Manual percobaan
6 buah/percobaan
3
Media pendidikan
3.1
Papan tulis
1 buah/lab
Ukuran minimum 90 cm x 200 cm.
Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik melihatnya dengan jelas.
4
Perlengkapan lain
4.1
Kotak kontak
9 buah/lab
1 buah untuk tiap meja peserta didik, 2 buah untuk meja demo, 2 buah untuk di ruang persiapan.
4.2
Alat pemadam kebakaran
1 buah/lab
Mudah dioperasikan.
4.3
Peralatan P3K
1 buah/lab
Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak kadaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka terbuka.
4.4
Tempat sampah
1 buah/lab
4.5
Jam dinding
1        buah/lab






Sumber:
Indrawan. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekola. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Kasan, T. 2006. Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan. Jakarta : Studia Press.
Permendiknas 24 Tahun 2007. Diakses vervalsp.data.kemdikbud.go.id (diakses tanggal 20 Agustus 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS 8 IPA